Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan

Hosting Unlimited Indonesia

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Desa Wiro Klaten Adakan Kirab Budaya

Minggu, 29 September 2024 | September 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-29T13:16:22Z

Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Desa Wiro Klaten Adakan Kirab Budaya 

Klaten - Desa Wiro, Kecamatan Bayat,Kabupaten Klaten mengadakan kirab budaya, Kegiatan tersebut merupakan ungkapan syukur masyarakat terhadap hasil bumi serta hasil kerja mereka baik yang dirumah maupun berada di perantauan

Purwono, salah satu panitia acara Rasulan mengatakan, Acara tersebut diadakan setiap tahun pada bulan Maulud, (29/9/24).

Acara kirab budaya ini adalah kegiatan hari ketiga, yang sebelumnya rangkaian acara yang diawali dengan kegiatan kebersihan masyarakat pada hari pertama, dilanjutkan dengan doa pada hari kedua, dan diakhiri dengan sodagohan di hari ketiga.

Dan selanjutnya Malam ini, masyarakat juga akan menikmati pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon "Wahyu Senopati" yang dibawakan oleh dalang Ki Jalu Tomo Pandowo, ungkapnya.

Kirab budaya hari ini dimulai dari tempat pewayangan di RW 5, rumah Amin Sutikno, dan mengitari Dukuh Wiro sebelum finis di Masjid Al Islam Dukuh Wiro.

Dalam kegiatan kirab budaya ini, ditampilkan total 10 gunungan yang terbuat dari hasil panen, menggambarkan simbolis ucapan syukur masyarakat kepada sang pencipta dan panitia menyediakan 500 tenongan untuk masyarakat.

Dalam acara Tersebut antusias masyarakat sangat besar ribuan orang berduyun-duyun menyaksikan acara tersebut.

Dan acara ini tidak hanya sebagai bentuk syukur, tetapi juga sebagai aset wisata dan tradisi pelestarian budaya dan juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, tutup Purwono.

Pewarta: Wiwit

×
Berita Terbaru Update